Adi Dassler Sang Penggagas Sepatu Sepak Bola

     Anda pernah bermain sepak bola?? Pasti pernah dong pernah melihat sepatu atau malah sudah pernah memakainya. Telapak sepatu itu bergerigi kan? Ya, Bergerigi karena berguna agar kaki pemai nsepak bola dapat menancap kuat di tanah sehingga dapat menapak dengan kuat. Apalagi terpeleset karena bermain sepak bola umumnya bermain di segala cuaca.

Adi Dassler dan sepatu ciptannya


    Tetapi apakah anda tau siapa penggagas sepatu sepak bola tersebut. Pengagas sepatu sepak bola tersebut adalah seorang warga Jerman yang bernama Adi Dassler. Adi Dassler lahir di Jerman, 3 November 1900. Nama Aslinya  Adolf Dassler (bukan Adolf Hitler mblo). Panggilan Kampungnya disana biasa dipanggal Adi jadi sampai tua ya pakainya Adi.Ayahnya  Cristoph  bekerja dipabrik sepatu, nah dari ayahnya pula ia dapat diajari cara membuat sepatu yang nanti kelak akan memberi Ide pada Sepatu-speatu Sepak bola masa kini.

     Pada Tahun 1920 saat umurnya  Adi  sudah 20 tahun ia membuat usaha kecil-kecilan pembuatan sepatu. Karena para pelanggan suka dengan sepatu buatan  Adi  maka usaha kecil  Adi berhasil dan dibantu Saudaranya  Rudolf Dassler akhirnya mendirikan pabrik sepatu Dassler Brother shoe Factory

Lambang Dassler Brother shoe Factory
     Adi Dassler mempunyai komitmen untuk membuat sepatu yang berkualitas tinggi bagi atlit di Jerman dan seluruh Eropa. Karena itulah, Adi Dassler memberi perhatian pernuh pada kualitas sepatu hasil ciptaanya. Komitmen tersebut membuat Dassler bersaudara sebagai produsen sepatu berkualitas tinggi sehingga dipakai oleh Atlet-Atlet Legendaris untuk Olimpiade.

     Pada tahun 1925, Adi Dassler membuat sepatu yang memiliki alur pada telapaknya. Sepatu kreasi itu diperkenalkan pada olimpiade Amsterdam pada tahun 1928. Pada Olimpiade 1936 di Berlin, Atlet Amerika Serikat, Jesse Owens, memperoleh Emas karena sepatu hasil karya Adi Dassler, sehingga memuncakan ketenaran dari Dassler Brother
Jesse Owen


sepatu yang dipakai Jesse Owen yan melambungkan nama The Dassler Brother
 

     Sayangnya pada tahun 1948 karena suatu alasan Adi Dassler dan Rudolf Dassler mengalami perseteruan dan mereka pun memutuskan berpisah sehingga. Adi mendirikan Perusahaan merk sepatu "Adidas" sedangkan Rudolf mendirikan pabrik sepatu yang awalnya bernama "Ruda" singkatan dari ( Rudolf Dassler) menjadi "Puma".

 
     Pada tahun 1953, Adi Dassler mengagas sepatu sepak bola bergerigi. Berkat sepatu tersebut Jerman yang pada saat itu  Jerman Barat berhasil memenangi Piala Dunia tahun 1954 Di Swiss. Selain sepatu sepak bolanya Adi Dassler juga memiliki Hak paten atas 700 hak paten berkaitan dengan sepatu Olahraga. Adi Dassler meninggal pada tanggal 5 September 1978. Sepeninggalnya perusahaan Diambil alih oleh anak dan istrinya.
Lambang Adidas dari awal berdiri Sampai Sekarang..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Al Idrisi : Pembuat Globe Pertama

Shingeki no Kyojin Ost : Hiroyuki Sawano - Call your Name : Lyric English + Indonesian Translation

Mengembalikan Pengaturan Microsoft Office Word ke semula (Default)