Penyebab, Akibat, dan Cara mengatasi Fobia PENYEBAB FOBIA


       Genetika : Penelitian telah menunjukkan bahwa fobia tertentu dapat berjalan dalam keluarga. Misalnya, kembar yang dibesarkan secara terpisah, di lokasi yang berbeda, dapat mengembangkan fobia sama. Namun, banyak orang dengan fobia tidak memiliki kerabat dengan kondisi tersebut.

       Faktor budaya : Beberapa fobia hanya terjadi pada kelompok budaya tertentu. Contohnya adalah taijin kyofusho, fobia sosial yang muncul hampir secara eksklusif di Jepang. Ini adalah takut menyinggung atau merugikan orang lain dalam situasi sosial. Hal ini sangat berbeda dari fobia sosial tradisional, di mana penderita takut menjadi pribadi malu pada dipermalukan. .Oleh karena itu mungkin bahwa budaya memainkan beberapa peran dalam pembangunan fobia.

       Pengalaman Hidup: Banyak fobia yang berbasis di kehidupan nyata peristiwa yang mungkin atau mungkin tidak sadar diingat. Sebuah fobia anjing, misalnya, mungkin berasal dari diserang sebagai anak kecil.. Sebuah fobia sosial dapat berkembang dari kecanggungan remaja atau anak-anak bullying.



AKIBAT FOBIA :

·       Membatasi hidup :Salah satu kriteria utama untuk mendiagnosis fobia adalah bahwa hal itu membatasi hidup di alam. Tergantung pada apa fobia Anda, Anda mungkin menemukan itu sebuah perjuangan nyata untuk menjalankan tugas, pergi keluar dengan teman-teman atau bahkan membuatnya bekerja setiap hari. Keterbatasan ini dapat membuat Anda merasa terisolasi.. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda tidak seperti orang lain. Anda mungkin memiliki kesulitan menjaga teman-teman. Anda mungkin menjadi tertutup dan tertekan.

·       Memalukan Fobia dapat menyebabkan situasi yang canggung dan memalukan. Bagaimana Anda menjelaskan kepada teman terbaik Anda bahwa Anda tidak pernah dapat mengunjungi rumahnya karena dia memiliki anjing? Bagaimana Anda menolak perjalanan ke Bahama dengan cinta baru karena Anda tidak bisa membawa diri untuk naik pesawat?  Fobia sosial dapat sangat sulit untuk.mengelola, karena ketakutan yang mendasari adalah penghinaan. Memiliki reaksi fobia dapat merasakan memalukan, memperkuat rasa takut dan membuat fobia lebih sulit untuk mengelola.
Merasa keluar dari Kontrol ,Mungkin salah satu komponen emosi terburuk dari fobia adalah keluar dari perasaan kontrol.. Anda mungkin memahami bahwa Anda fobia adalah irasional, tetapi tidak peduli seberapa keras Anda mencoba Anda tidak bisa mendapatkannya di bawah kontrol.. Anda bertanya-tanya apa akan seperti untuk hanya menjalani hidup Anda tanpa khawatir bahwa Anda mungkin datang ke dalam kontak dengan yang Anda takut.
Hasil gambar untuk macam-macam fobia
Helplessness Tak berdaya ,Berdaya mungkin muncul ketika Anda menyadari bahwa Anda fobia berada di luar kendali. Anda mungkin merasa bahwa tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan. Anda mungkin berasumsi bahwa Anda akan selalu memiliki fobia Anda.. Anda mungkin ingin segala sesuatunya berbeda, tetapi merasa bahwa mereka tidak akan pernah. Jika fobia Anda menyebabkan salah satu pikiran atau perasaan, adalah penting untuk mencari pengobatan . Seperti gangguan mental, mudah untuk fobia memiliki dampak jauh melampaui gejala dasar. Mengobati fobia akhirnya akan membantu untuk mengurangi perasaan negatif malu dan tidak berdaya. Sementara Anda dalam perawatan, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa perasaan negatif tetap.. Beritahu profesional kesehatan mental Anda.. Terapi lebih lanjut, mungkin dari psikodinamik sudut pandang, dapat membantu Anda untuk memilah-milah perasaan dan kekhawatiran Anda.. Sementara Anda menjalani pengobatan, Anda mungkin menemukan bahwa cara sendiri dan teknik relaksasi dapat membantu mengurangi gejala.

MENGATASI PHOBIA


a. Terapi berbicara.

Perawatan ini seringkali efektif untuk mengatasi berbagai fobia. Jenis terapi bicara yang bisa digunakan adalah:

1. Konseling: konselor biasanya akan mendengarkan permasalahan seseorang, seperti ketakutannya saat berhadapan dengan barang atau situasi yang membuatnya fobia. Setelah itu konselor akan memberikan cara untuk mengatasinya.
2. Psikoterapi: seorang psikoterapis akan menggunakan pendekatan secara mendalam untuk menemukan penyebabnya dan memberi saran bagaimana cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.
3. Terapi perilaku kognitif (Cognitive Behavioural Therapy/CBT): yaitu suatu konseling yang akan menggali pikiran, perasaan dan perilaku seseorang dalam rangka mengembangkan cara-cara praktif yang efektif untuk melawan fobia.

b. Terapi pemaparan diri (Desensitisation).

Orang yang mengalami fobia sederhana bisa diobati dengan menggunakan bentuk terapi perilaku yang dikenal dengan terapi pemaparan diri. Terapi ini dilakukan secara bertahap selama periode waktu tertentu dengan melibatkan objek atau situasi yang membuatnya takut. Secara perlahan-lahan seseorang akan mulai merasa tidak cemas atau takut lagi terhadap hal tersebut. Kadang-kadang dikombinasikan dengan pengobatan dan terapi perilaku.


c. Menggunakan obat-obatan.

Penggunaan obat sebenarnya tidak dianjurkan untuk mengatasi fobia, karena biasanya dengan terapi bicara saja sudah cukup berhasil. Namun, obat-obatan ini dipergunakan untuk mengatasi efek dari fobia seperti cemas yang berlebihan.

Terdapat 3 jenis obat yang direkomendasikan untuk mengatasi kecemasan, yaitu:
1. Antidepresan: obat ini sering diresepkan untuk mengurangi rasa cemas, penggunaannya dizinkan untuk mengatasi fobia yang berhubungan dengan sosial (social phobia).

2. Obat penenang: biasanya menggunakan obat yang mengandung turunan benzodiazepines. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi kecemasan yang parah, tapi dosis yang digunakan harus serendah mungkin dan penggunaannya sesingkat mungkin yaitu maksimal 4 minggu. Ini dikarenakan obat tersebut berhubungan efek ketergantungan.

3. Beta-blocker: obat ini biasanya digunakan untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular, seperti masalah jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Karena berguna untuk mengurangi kecemasan yang disertai detak jantung tak beraturan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Al Idrisi : Pembuat Globe Pertama

Shingeki no Kyojin Ost : Hiroyuki Sawano - Call your Name : Lyric English + Indonesian Translation

Mengembalikan Pengaturan Microsoft Office Word ke semula (Default)